SSB MATTOANGING

Minggu, 10 Januari 2010

Teknik Dasar Permainan Sepakbola



 

Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Oleh karena itu, untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik.
Untuk dapat menghasilkan permainan sepakbola yang optimal, maka seorang pemain harus dapat menguasai teknik-teknik dalam permainan. Teknik dasar bermain sepakbola adalah merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan atau mengerjakan sesuatu yang terlepas sama sekali dari permainan sepakbola.

Adapun mengenai teknik dasar sepakbola dapat penulis jelaskan sebagai berikut :
1. Teknik tanpa bola, yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola terdiri dari :
a. Lari cepat dan mengubah arah.
b. Melompat dan meloncat.
c. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan.
d. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang.
 

2. Teknik dengan bola, yaitu semua gerakan-gerakan dengan bola, terdiri dari :
a. Mengenal bola
b. Menendang bola (shooting)
c. Menerima bola : menghentikan bola dan mengontrol bola
d. Menggiring bola (dribbling)
e. Menyundul bola (heading)
f. Melempar bola (throwing)
g. Gerak tipu dengan bola
h. Merampas atau merebut bola.
i. Teknik-teknik khusus penjaga gawang.


Dalam penulisan makalah ini penulis mengambil salah satu teknik dasar sepakbola yaitu teknik menggiring bola (dribbling), karena teknik ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi dalam melakukannya, antara lain menggiring bola menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki.

2 komentar:

  1. TOP banget, dapat pengetahuan teori sepak bola.. teruskanlah, semoga ada diantara kita mewujudkannya menjadi sebuah sebuah tindakan yang berarti untuk kemajuan sepak bola Indonesia...

    BalasHapus
  2. AYO KITA MAIN SEPAK BOLA dengan BALL POSSESSION!

    Prinsip ball possession adalah terus menguasai bola, bagaimanapun caranya. Jangan sampai bola jatuh ke kaki lawan. Sebab, jika lawan tidak KUASAI bola dengan baik, mereka tidak mungkin bikin gol. Sebaliknya, jika kita terus menguasai bola, peluang kita untuk membuat gol akan lebih besar. Beberapa tips ball possession:
    1. Kalau Team kita yang pegang/menguasai bola, kita harus menyebar. Tujuannya: untuk mengurangi pressing dari lawan sehingga kita bisa lebih leluasa mempermainkan bola.
    2. Semua pemain harus terus bergerak untuk mencari ruang atau membuka ruang. Jangan hanya berdiri menunggu umpan. Anda harus aktif bergerak untuk mencari ruang yang baik. Anda baru boleh tidak bergerak jika sudah berada pada posisi yang baik. Setiap ada salah seorang dari team kita pegang bola, harus ada teman yang berada pada posisi bisa diberi umpan.
    3. Kalau team kita pegang bola, kita harus sabar, yang penting kita terus menguasai bola. Main bola itu tidak harus selalu menendang bola ke arah depan. Kita juga perlu mengumpan ke arah samping atau ke belakang, hal ini sangat penting agar dapat terus menguasai bola.
    4. Jika kita sedang menyerang tetapi pertahanan lawan sulit ditembus, kita harus sabar mengepung pertahanan mereka, sampai dapat kesempatan mencetak gol.
    5. Jika para pemain lawan bergerombol di daerah mereka, jangan segan-segan untuk menarik mereka keluar dari daerah mereka.
    6. Setiap pemain yang pegang bola berkewajiban untuk mengamankan bola, jangan sampai jatuh ke kaki lawan. Karena itu jangan berspekulasi dan jangan ‘meksa’.
    7. Jika kita terdesak, berikan bola kepada teman. Salah satu skill yang penting untuk bisa mengamankan bola adalah SHIELDING (melindungi bola).
    8.Jika tim lawan pegang bola, segera rebut bolanya. Jika mereka menguasai bola, pemain kita yang terdekat dengan bola harus melakukan press sampai mereka melakukan kesalahan.

    AYO, MENANGKAN TEAM KEBANGGAANMU...

    salam sang juara
    SSB MATTOANGING MAKASSAR

    BalasHapus

tuliskanlah kata-katamu sendiri, sesukamu...kawan...

sang juara

ARTIKEL (10) KaBar (3) KB (2) KICK OFF (6) OFF-side (2) Teknik Sepak Bola (3)

Arsip Blog