SSB MATTOANGING

Rabu, 10 Maret 2010

WW

"WW", Terkait dengan inisial tersebut, mulai dari W-o-W, W-kuadrat, hingga Double-W, dan sebagainya. Selain unik, pemilik inisial WW nampaknya ditakdirkan untuk menjadi tokoh besar dunia. Kini saatnya kita menilik kisah sukses para WW dari seantero dunia.

Wilbur Wright

Wright Bersaudara, yaitu Wilbur Wright (1867-1912) bersama Orville Wright, diakui sebagai penemu pesawat terbang. Menjalani masa kecil sebagai pengumpul besi tua dan montir sepeda tidak membuat mereka less awesome. Pada tahun 1903, mereka sukses mendesain kendaraan terbang pertama yang bisa dikontrol, bermesin, dan lebih berat daripada udara. Berkat hasil karya mereka, Wright Bersaudara diyakini banyak orang sebagai salah satu penemu terpenting.
Tanpa jasa WW yang satu ini, anda sekarang terpaksa pergi ke luar negeri naik gantole. Serius.

Woodrow Wilson

Jangan menilai seseorang dari model kacamatanya. Woodrow Wilson (1856-1924) adalah Presiden Amerika Serikat ke-28. Dia bukan presiden kacangan karena dia merupakan salah satu tokoh sentral di dalam kemenangan blok sekutu pada Perang Dunia I.
Pada tahun 1919, dia memprakarsai berdirinya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) melalui Perjanjian Versailles. Atas jasanya, dia memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun yang sama. Kehebatan WW tak hanya sampai di situ, namanya juga diabadikan sebagai nama kapal selam militer yang ukurannya segede gaban, USS Woodrow Wilson.

Wimar Witoelar

Ada juga tokoh Indonesia, Wimar Witoelar (1945) namanya. Beliau dikenal luas sebagai juru bicara presiden Abdurrahman Wahid.
WW yang satu ini termasuk orang yang serba bisa. Wimar Witoelar merupakan kolumnis media massa lokal dan internasional, pengamat sosial politik, mantan presiden mahasiswa ITB, adjunct professor di Deakin University, pengusaha, konsultan, komentator pada berbagai acara TV, sekaligus blogger. Kariernya yang luar biasa tidak cukup ditulis dalam dua paragraf. Ini bukti nyata bahwa WW memang inisial orang hebat tidak hanya di luar negeri, tapi juga di Indonesia.

William Wallace

William The Conqueror (Si Penakluk) yang bernama asli Sir William Wallace (1272-1305) ini merupakan pahlawan bangsa Skotlandia yang memimpin pertempuran melawan Inggris.
Untuk menghormati aksi heroiknya di dalam pertempuran melawan Inggris, dia mendapat gelar pahlawan dan sebuah monumen patung diri di kota Aberdeen. Kisah pertempurannya juga dijadikan Microsoft sebagai tutorial campaign pada game Age of Empires II. Pada tahun 1995, kisah WW yang luar biasa ini menginspirasi Mel Gibson untuk memfilmkannya dalam Braveheart.

Walter Winterbottom

Inggris merupakan negara asal sepakbola. Sir Walter Winterbottom (1913-2002) adalah orang pertama yang melatih tim nasional Inggris. Nah, dua kalimat tadi saja sudah cukup untuk menjelaskan betapa hebatnya orang ini.
Karir bermainnya sangat pendek. Meskipun demikian, WW yang satu ini bermain untuk klub besar Eropa, Manchester United. Dia bermain di 26 pertandingan liga sebelum akhirnya cedera memaksanya untuk pensiun. Terlepas dari itu, Sir WW termasuk salah satu dari sedikit pesepakbola yang mendapatkan gelar ksatria dari Kerajaan Inggris.

Wilhelm Wien

Orang hebat lainnya adalah Wilhelm Wien. Dia merupakan peraih Nobel Fisika pada tahun 1911. Fisikawan ini merumuskan teori tentang kalor dan elektromagnetik dalam Wien’s Displacement Law.
Max von Laue menyebutnya sebagai ilmuwan yang menuntun kita kepada gerbang fisika kuantum. Jika Woodrow Wilson cukup bangga namanya dipakai untuk kapal selam. Sebenarnya itu bukan apa-apa dibandingkan dengan Wilhelm Wien. Popularitas WW yang ini bahkan sudah mencapai planet lain! Nama Wilhelm Wien diabadikan sebagai nama salah satu kawah di Planet Mars.

Selain tokoh-tokoh tersebut masih ada sejumlah WW yang lain, misalnya : Willi Weber (manager Formula 1 paling sukses, manager-nya Michael Schumarcher), Willie Walsh (CEO British Airways), William Webster (bekas pemimpin FBI dan CIA), Dr. Wilhelm Weinberg (ahli genetik), Will Wright (programmer game pencipta SimCity), dan Walther Wever (pilot andalan Jerman yang menembak jatuh 44 pesawat musuh). Sayang halaman ini tidak akan cukup untuk menampung semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tuliskanlah kata-katamu sendiri, sesukamu...kawan...

sang juara

ARTIKEL (10) KaBar (3) KB (2) KICK OFF (6) OFF-side (2) Teknik Sepak Bola (3)